Cilpa : Jurnal Ilmiah Pendidikan Seni Rupa
Vol 1 No 1 (2014)

PEMANFAATAN KAIN PERCA SEBAGAI UPAYA PENINGKATKAN KREATIVITAS DALAM BERKARYA SENI LUKIS SISWA KELAS XI MULTIMEDIA 1 SMK MUHAMMADIYAH 2 PONJONG

Munadi Munadi (UST)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2014

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan kreativitas siswa kelas XI Multimedia 1 SMK Muhammadiyah 2 Ponjong dalam berkaryaSeni Lukis dengan memanfaatkan Kain Perca,(2) meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran SeniRupa ( Seni Budaya ). Obyek penelitian ini adalah siswa kelas XI Multimedia 1 SMK Muhammadiyah 2 Ponjong dengan objek penelitian berjumlah 26 Siswa, terdiridari15 putridan 11 putra. Penelitian dilakukan dalam 3 siklus dengan melalui 4 tahapan yakni perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.Pengumpulan data dilakukan dengan: (1) Observasi atau pencatatan performance siswa dalam pembelajaran seni lukis, (2) menganalisis hasil karya siswa, (3) efektifitas pemanfaatan kain perca untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam berkarya seni lukis dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu daftar pengamatan proses pembelajaran, lembar penilaian hasil karya siswa, dan dokumentasi hasil karya siswa. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif.Adapun langkah–langkahnya adalah menghimpun data, mereduksi data, mengklasifikasi data dan menarik kesimpulan. Di samping itu analisis hasil karya siswa juga menggunakan analisis triangulasi .Hasil penelitian tindakan ini adalah pemanfaatan kain perca dalam pembelajaran berkarya seni lukis dapat meningkatkan kreativitas siswa.Hal ini terbukti rerata hasil penilaian peningkatan kreativitas siswa dalam berkarya seni lukis meningkat dari siklus ke siklus berikutnya, yaitu siklus 1mencapai 55,3 kategori bagus. siklus 2 mencapai 64,1 kategori bagus dan siklus 3 mencapai 76,9. Sedangkan rerata presentase peningkatan kreativitas siswa pada siklus 1 mencapai 33,33 % sebanyak 9 siswa, siklus 2 mencapai 50,00% sebanyak 23 siswa, dan siklus 3 mencapai 100 % sebanyak 26 siswa. Adapun keaktifan siswa dalam pembelajaran meningkat dengan rerata siklus 1 mencapai 54 %, siklus 2 mencapai76 % dan siklus 3 mencapai 92 %. Langkah – langkah pembelajaran dengan pemanfaatan kain perca dalam berkarya seni lukis adalah menjelaskan bahan dan alat, memberi contoh karya, mendemonstrasikan proses pembuatan karya dan memberi tugas siswa dilanjutkan penilaian.Kata Kunci :pemanfaatan, kain perca, kreativitas, seni lukis

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

cilpa

Publisher

Subject

Arts Education Social Sciences

Description

Cilpa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Seni Rupa is a blind peer-reviewed journal dedicated to the publication of quality thoughts and research results in the field of Fine Arts and Fine Arts Education, the study or creation of fine arts but is flexible and not implicitly limited. All publications in CILPA ...