Pramana: Jurnal Hasil Penelitian
Vol 1, No 2 (2021)

Literasi Digital dan Pemberdayaan Mahasiswa dalam Menyikapi Pandemi Covid-19

I Komang Agus Widiantara (Prodi Ilmu Komunikasi STAHN Mpu Kuturan Singaraja)



Article Info

Publish Date
16 Jan 2022

Abstract

Melawan segala bentuk infodemik Covid-19 tentu dibutuhkan tingkat literasi yang baik, mumpuni dan komprehenship. Lembaga pendidikan tinggi menjadi domain strategis dalam membangun budaya (culture) literasi khususnya para mahasiswa.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  tingkat literasi digital mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi STAHN Mpu Kuturan Singarajadalam merespon beragam informasi seputar infodemik Covid-19. Serta upaya yang dilakukan oleh pendidikan tinggi dalam melakukan pemberdayaan literasi di tengah pandemi.  Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenalogi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, penelusuran bahan online, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan kualitas literasi digital mahasiswa terbilang baik dalam merespon infodemik Covid-19.  Mahasiswa mampu  mencari dan mengonsumsi konten digital,  membuat konten digital  dan  mengomunikasikan konten digital dengan arif dan bijak. Kualitas literasi digital mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi STAHN Mpu Kuturan Singaraja juga sangat mendukung yang ditunjang dari  berbagai kegiatan literasi yang dilakukan dan difasilitasi oleh lembaga kampus seperti webinar, pelatihan pembuatan konten digital hingga keterlibatan mahasiswa dalam merancang konten seputar Covid-19.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pramana

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Pramana: Jurnal Hasil Penelitian merupakan wadah publikasi hasil penelitian Agama Hindu yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja. Pramana: Jurnal Hasil Penelitian menerima artikel dari dosen dan para praktisi yang ahli di bidangnya, dari segala institusi, baik ...