Pada jaman sekarang para orang tua kebanyakan sibuk mencari uang untuk kepentingan pribadi. Urusan pendidikan kepada anak-anaknya dipercayakan kepada guruguru disekolah (Pendidikan Formal). Padahal waktu yang banyak untuk mendidik anak justru dilingkungan keluarga (Pendidikan non Formal). Satua Bali merupakan salah satu karya sastra yang mengandung banyak nilai-nilai religius, sosial dan budaya. Banyak cara untuk menuangkan nilai-nilai tersebut dari perkembangan pendidikan tradisional sampai perkembangan pendidikan yang lebih modern. Namun setelah perkembangan jaman semakin maju penanaman nilai-nilai pendidikan lewat mesatua oleh para orang tua kepada anaknya dan kakek kepada cucunya sudah semakin ditinggalkan dan bahkan banyak orang tua tidak tahu satua, yang sebenarnya sangat baik dilakukan untuk mendidik anak sejak usia dini. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui struktur naratif dari Satua Bali Ni Tuwung Kuning. Teori yang digunakan untuk memecahkan masalah dalam penelitian ini adalah teori struktural. Penelitian ini berbentuk kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data studi dokumen. Data yang telah dikumpulkan diolah atau dianalisis dengan metode deskriptif. Berdasarkan analisis tersebut diperoleh simpulan sebagai hasil penelitian sebagai berikut : 1) Struktur cerita (satua) Ni Tuwung Kuning merupakan salah satu cerita tradisional Bali. Isinya menceritakan tentang seorang gadis cantik yang baik hati dan suka membantu yang bernama Ni Tuwung Kuning, namun didalam kehidupannya ia anak yang tidak di inginkan terlahir kedunia oleh ayahnya, 2) Struktur naratif yang termuat dalam satua Ni Tuwung Kuning meliputi, Latar, Alur, Tokoh/Penokohan, Tema, dan Amanat.
Copyrights © 2023