Nabla Dewantara : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 7 No. 1 (2022): Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika

PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS ETNOMATEMATIKA RUMAH LIMAS DENGAN MENGGUNAKAN METODE INKUIRI

eko Susanto (Pendidikan Matematika FKIP Universitas Tamansiswa Palembang)
Malalina (Pendidikan Matematika FKIP Universitas Tamansiswa Palembang)
Rika Firma Yenni (Pendidikan Matematika FKIP Universitas Tamansiswa Palembang)



Article Info

Publish Date
12 Aug 2022

Abstract

Tujuan penelitian R&D ini adalah untuk menyediakan LKPD berbasis Etnomatematika bagi peserta didik SMP kelas VII yang valid, efektif dan praktis guna mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematisnya. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran matematika di sekolah, khususnya di sekolah menengah pertama (SMP) yang belum mendukung pengembangan kemampuan pemecahan masalah matematika yang diiringi dengan pembelajaran budaya setempat. Pengembangan LKPD melalui tahapan model pengembangan yang dimulai dari tahap awal yakni analisis bentuk dan karakteristik perangkat, kemudian tahap pengembangan atau pembuatan prototype berupa merancang, mengevaluasi dan memvalidasi perangkat dan terakhir tahap penilaian yakni melihat proses dan pengembangan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Data penelitian dikumpulkan dengan wawancara, angket, lembar observasi dan lembar analisis serta tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD matematika yang dihasilkan memenuhi kategori yang valid, praktis dan efektif baik dari segi kelayakan maupun validitas. Dengan kata lain, perangkat yang dikembangkan dapat digunakan sebagai bahan rujukan dalam pembelajaran matematika yang berorientasi pada kemampuan pemecahan masalah di SMP Kelas VII

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

nabla

Publisher

Subject

Education

Description

Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika merupakan jurnal nasional pendidikan matematika yang menjadi media publikasi hasil penelitian dan karya ilmiah. NABLA DEWANTARA menerima naskah dalam bidang pendidikan matematika secara luas, baik hasil penelitian maupun kajian teori. Jurnal ini terbit 2 ...