cover
Contact Name
Malalina
Contact Email
malalina@unitaspalembang.ac.id
Phone
+6281279882224
Journal Mail Official
nabladewantara@unitaspalembang.ac.id
Editorial Address
Jalan Tamansiswa No. 261 Palembang
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Nabla Dewantara : Jurnal Pendidikan Matematika
ISSN : 25283901     EISSN : 26570335     DOI : https://doi.org/10.51517/nd.v6i2
Core Subject : Education,
Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika merupakan jurnal nasional pendidikan matematika yang menjadi media publikasi hasil penelitian dan karya ilmiah. NABLA DEWANTARA menerima naskah dalam bidang pendidikan matematika secara luas, baik hasil penelitian maupun kajian teori. Jurnal ini terbit 2 (dua) kali pertahun, yaitu Mei dan November dengan p-ISSN 2528-3901 dan e-ISSN 2657-0335 Diterbitkan oleh Universitas Tamansiswa Palembang. Ruang lingkup Nabla Dewantara meliputi artikel hasil kajian dan penelitian di bidang Pendidikan Matematika. Tujuan publikasi artikel ini adalah untuk menyebarluaskan pemikiran atau gagasan hasil dari penelitian yang telah dicapai dalam bidang Pendidikan Matematika.
Articles 32 Documents
ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI BILANGAN BULAT BERDASARKAN TEORI NEWMAN Nyimas Inda Kusumawati; Eva Diyaningsih; Muslimin Tendri; Hussein Fattah
Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 7 No. 1 (2022): Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : FKIP Universitas Tamansiswa Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Newman menyatakan terdapat lima langkah yang harus dilalui dalam menyelesaikan soal cerita matematika, yaitu: (1) membaca soal (reading), (2) memahami masalah (comprehension), (3) transformasi (transformation), (4) keterampilan proses (process skill), dan (5) penulisan jawaban akhir (encoding). Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui jenis kesalahan yang sering dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita khususnya pada materi bilangan bulat berdasarkan teori Newman di kelas VII SMP Negeri 50 Palembang. Penelitian ini menggunakan Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini menggambarkan dan mendeskriptifkan apa dan berapa banyak kesalahan yang dilakukan siswa saat menyelesaikan soal cerita materi bilangan bulat berdasarkan teori Newman. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 50 Palembang, dengan sampel yang diambil adalah siswa kelas VII.8, VII.9, dan VII.10 SMP Negeri 50 Palembang. Hasil yang diperoleh setelah dilakukan analisis adalah sebagai berikut: kesalahan membaca (reading) dapat dikatakan sangat rendah dengan presentase sebesar 10%. Kesalahan pemahaman (comprehesion) dapat dikatakan tinggi dengan presentase sebesar 63%. Kesalahan transformasi (transformation) dapat dikatakan sangat tinggi dengan presentase sebesar 93%. Kesalahan proses (process skill) dapat dikatakan sangat tinggi dengan presentase sebesar 91%. Dan kesalahan jawaban akhir (encoding) dapat dikatakan sangat tinggi dengan presentase sebesar 90%. Sedangkan untuk kesalahan total dapat dikatakan sedang dengan presentase sebesar 58%. Kesalahan siswa SMP Negeri 50 Palembang dalam menyelesaikan soal cerita materi bilangan bulat berdasarkan teori Newman tergolong sedang.
ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DENGAN MENGGUNAKAN TEORI POLYA Andi Nurhafifah S; Muhammad Rizal Usman; Abdul Gaffar
Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 7 No. 1 (2022): Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : FKIP Universitas Tamansiswa Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear dua variabel dengan menggunakan teori polya pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sungguminasa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan awal, tes penilaiaan subjek dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini ada tiga siswa kelas VIII-H yang dipilih berdasarkan pengelompokkan Satu siswa tinggi, satu siswa sedang satu siswa rendah. Adapun analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, serta menarik kesimpulan. Hasil penelitian yang terkait dengan materi persamaan linear dua variabel menunjukkan bahwa: 1) kemampuan dengan pemecahan masalah siswa dengan kemampuan tinggi dapat melaksanakan empat langkah polya dengan sangat baik, yaitu memahami masalah, memikirkan rencana, melaksnakan rencana dan memeriksa kembali jawaban. 2) kemampuan dengan pemecahan masalah siswa yang memiliki kemampuan sedang hanya mampu memenuhi 2 indikator yaitu memahami masalah dan memikirkan rencana. 3) kemampuan pemecahan masalah yang memiliki kemampuan rendah hanya dapat memenuhi 1 indikator yaitu memikirkan rencana.
METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP Rika Firma Yenni; Malalina
Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 7 No. 1 (2022): Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : FKIP Universitas Tamansiswa Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh metode pembelajaran problem solving terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII SMP Tridharma Palembang. Metode penelitian menggunakan metode eksperimen Posttest Only Control Group Design. Populasinya seluruh kelas VIII yang terdiri dari empat kelas. Pengambilan sampel secara acak dan terpilih kelas VIIID sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIC sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan tes tertulis dalam bentuk uraian yang terdiri dari lima butir soal tes, serta teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 9,461 > 1,341. Artinya Ha diterima dan ada pengaruh metode problem solving terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII SMP Tridharma Palembang.
PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI STATISTIKA KELAS VIII SMP DI KECAMATAN PASEMAH AIR KERUH Ririn Kusumawati; Yusuf Hartono; Eva Susanti; Haris Kurniawan
Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 7 No. 1 (2022): Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : FKIP Universitas Tamansiswa Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian pengembangan LKPD berbasis Discovery Learning bertujuan untuk (1) Mengembangkan LKPD berbasis discovery learning pada pembelajaran matematika. (2) Menganalisis kelayakan LKPD berbasis discovery learning pada pembelajaran matematika (3) Mendeskripsikan respon peserta didik terhadap LKPD berbasis discovery learning pada pembelajaran matematika yang telah dikembangkan. Penelitian ini menggunakan model 4D yang terdiri dari Define, Design, Development and Dissemination. Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 1 dan SMP N 3 di kecamatan Pasemah Air Keruh. Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi dari ahli materi, ahli media dan ahli bahasa, lembar penilaian kepraktisan yang berupa lembar angket guru digunakan untuk mengetahui kualitas LKPD yang dikembangkan, dan lembar angket respon peserta didik digunakan untuk mengetahui keefektifan dari LKPD yang dikembangkan. Berdasarkan hasil penelitian kepraktisan LKPD berbasis discovery learning berdasarkan penilaian guru mata pelajaran mencapai nilai rata-rata 35 dengan kriteria sangat praktis dan penilaian dari validator mencapai nilai rata-rata 3,38 dengan kriteria sangat valid.Keefektifan LKPD berbasis discovery learning pada materi statistika berdasarkan respon peserta didik adalah sebesar 86,75% dengan kriteria sangat efektif. Hal ini menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangankan sangat efektif bagi pendidik maupun peserta didik, sehingga dapat digunakan sebagai salah satu penunjang dalam pembelajaran.
PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS ETNOMATEMATIKA RUMAH LIMAS DENGAN MENGGUNAKAN METODE INKUIRI eko Susanto; Malalina; Rika Firma Yenni
Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 7 No. 1 (2022): Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : FKIP Universitas Tamansiswa Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian R&D ini adalah untuk menyediakan LKPD berbasis Etnomatematika bagi peserta didik SMP kelas VII yang valid, efektif dan praktis guna mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematisnya. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran matematika di sekolah, khususnya di sekolah menengah pertama (SMP) yang belum mendukung pengembangan kemampuan pemecahan masalah matematika yang diiringi dengan pembelajaran budaya setempat. Pengembangan LKPD melalui tahapan model pengembangan yang dimulai dari tahap awal yakni analisis bentuk dan karakteristik perangkat, kemudian tahap pengembangan atau pembuatan prototype berupa merancang, mengevaluasi dan memvalidasi perangkat dan terakhir tahap penilaian yakni melihat proses dan pengembangan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Data penelitian dikumpulkan dengan wawancara, angket, lembar observasi dan lembar analisis serta tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD matematika yang dihasilkan memenuhi kategori yang valid, praktis dan efektif baik dari segi kelayakan maupun validitas. Dengan kata lain, perangkat yang dikembangkan dapat digunakan sebagai bahan rujukan dalam pembelajaran matematika yang berorientasi pada kemampuan pemecahan masalah di SMP Kelas VII
PENGARUH TEMAN SEBAYA TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA Amran Yahya; Rahmania Rahmania; Nur Fahri Tadjuddin
Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 7 No. 2 (2022): Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : FKIP Universitas Tamansiswa Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51517/nabla.v7i2.101

Abstract

Teman sebaya secara signifikan mempengaruhi interaksi sosial siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teman sebaya terhadap motivasi berprestasi dan prestasi belajar siswa kelas XII MA Pergis Campalagian dalam pembelajaran matematika. Jenis penelitian yang digunakan adalah ex-post facto serta menggunakan teknik sampling jenuh dengan memilih 51 siswa sebagai sampel penelitian. Sebagai metode pengumpulan data digunakan angket motivasi berprestasi dan angket teman sebaya serta dokumentasi data prestasi belajar matematika. Hasil penelitian: Data rata-rata jumlah teman sebaya adalah 102, dan modusnya adalah 120, menunjukkan bahwa sebagian besar siswa berada pada kategori tinggi. Rata-rata skor motivasi berprestasi sebesar 89 berada pada kategori sedang, dan rata-rata skor prestasi belajar matematika sebesar 82 berada pada kategori C atau cukup. Hasil uji Manova menunjukkan bahwa H0 ditolak sedangkan H1 diterima karena nilai Sig lebih kecil dari 0,05. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh teman sebaya terhadap motivasi berprestasi dan prestasi belajar matematika siswa kelas XII MA Pergis Campalagian.
ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL GARIS DAN SUDUT BERDASARKAN KRITERIA WATSON Devita Anggarsih; Supriyono; Dita Yuzianah
Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 7 No. 2 (2022): Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : FKIP Universitas Tamansiswa Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51517/nabla.v7i2.156

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan siswa berdasarkan kriteria Watson. Kemudian mencari faktor penyebab kesalahan dilihat dari hasil belajar siswa menyelesaikan soal garis dan sudut. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan subjek menggunakan purposive sampling dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan jenis kesalahan yang dilakukan siswa meliputi kesalahan data tidak tepat, prosedur tidak tepat, data hilang, manipulasi tidak langsung, konflik level respon, hirarki keterampilan, kesimpulan hilang, dan selain ketujuh kriteria tersebut. Siswa dengan berkemampuan matematika tinggi mengalami sedikit kesalahan yaitu hanya beberapa jenis kesalahan Watson. Faktor penyebabnya adalah siswa kurang teliti dalam mengerjakan soal. Siswa dengan kemampuan matematika sedang mengalami cukup banyak jenis kesalahan Watson. Faktor penyebabnya adalah siswa kurang menguasai materi, tidak mengetahui sifat sudut yang harus digunakan, kurang teliti, serta kesalahan akibat dari kesalahan sebelumnya. Sedangkan siswa dengan kemampuan matematika rendah mengalami banyak jenis kesalahan Watson. Faktor penyebabnya yaitu, siswa tidak memahami materi, salah dalam menafsirkan soal sehingga tidak menjawab keinginan soal, tidak mengetahui sifat sudut yang harus digunakan, lemahnya keterampilan berhitung, dan tidak mampu menghubungkan data yang diketahui dengan pertanyaan
PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MOTION GRAPHIC PADA MATERI BANGUN DATAR Khofifah Wahyu Adhalia; Bambang Priyo Darminto; Prasetyo Budi Darmono
Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 7 No. 2 (2022): Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : FKIP Universitas Tamansiswa Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51517/nabla.v7i2.157

Abstract

Kurangnya media pembelajaran yang menarik pada materi bangun datar. Oleh karena itu, diperlukan media pembelajaran yang menarik yang dapat membantu proses pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut maka dikembangkan media pembelajaran berupa video motion graphic pada materi bangun datar kelas IV. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran, mengetahui kelayakan media, dan mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran video motion graphic. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan mengacu pada model pengembangan 4D (Define, Design, Development, Dissemination). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) menghasilkan media pembelajaran berupa video motion graphic materi bangun datar kelas IV SD yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran, (2) video motion graphic dikatakan layak berdasarkan hasil penilaian dari ahli materi dan ahli media, hasil validasi oleh ahli materi mendapatkan persentase hasil akhir yaitu 76% dengan kriteria sangat layak, sedangkan hasil validasi oleh ahli media mendapatkan persentase hasil akhir yaitu 74,58% dengan kriteria layak, dan (3) respon siswa mendapatkan hasil yang sangat baik dilihat dari persentase hasil akhir yaitu 99,75% dengan kriteria sangat layak. Media pembelajaran video motion graphic pada materi bangun datar kelas IV SDN 2 Pejagoan dapat di akses di https://youtu.be/WOHDsK-1qGU
PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DASAR MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA Luvi Antari; Amrina Rizta; Ummu Na’imah; Nyimas Inda Kusumawati
Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 7 No. 2 (2022): Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : FKIP Universitas Tamansiswa Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51517/nabla.v7i2.158

Abstract

Penelitian ini  dilakukan untuk mengetahui gambaran kemampuan pemahaman konsep mahasiswa  dalam menguasai  materi matematika dasar. Penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan menganalisis kemampuan pemahaman konsep matematika dasar mahasiswa melalui soal tes yang disusun berdasarkan indikator pemahaman konsep. Instrumen dalam penelitian ini berbentuk tes tertulis yang berjumlah 6 soal. Sampel pada penelitian ini adalah 58  mahasiswa dari 85 mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP UM Palembang. Dari hasil penelitian, diketahui bahwa kemampuan pemahaman konsep mahasiswa pada materi matematika dasar  dari 58 mahasiswa yang menjadi sampel penelitian adalah 64,68 % dan termasuk kategori cukup. Secara keseluruhan, indikator kemampuan pemahaman konsep matematika yang banyak dikuasai siswa adalah menyatakan ulang sebuah konsep matematika dasar, mengklasifikasi objek serta memberi contoh dan bukan contoh dari suatu konsep, sedangkan indikator kemampuan pemahaman konsep yang kurang dikuasai siswa adalah menyajikan konsep dan mengaitkan berbagai konsep matematika dasar dalam pemecahan masalah.
APLIKASI TPACK DALAM MATA KULIAH STATISTIK DASAR PADA MAHASISWA CALON GURU Rohman; Rahma Siska Utari; Lis Amalia
Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 7 No. 2 (2022): Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : FKIP Universitas Tamansiswa Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51517/nabla.v7i2.159

Abstract

This study aims to describe the integration of technological pedagogical content knowledge (TPACK) when making teaching implementation plans and during the implementation of learning in basic statistics courses at the Faculty of Teacher Training and Education, Sjakhyakirti University. This study uses a qualitative descriptive method with the object being studied is the Learning Implementation Plan and the learning process carried out by the subject lecturers and researchers, student teacher candidates who teach basic statistics courses in the first semester are the subjects in this study, while data collection techniques by using interviews, observation and documentation. The results of this study indicate that the integration of technological pedagogical content knowledge (TPACK) is grouped into three parts which include the integration of technological knowledge (TK), namely the teaching plan that has optimized technology, the integration of pedagogical knowledge (PK), which includes the planning of teaching methods, and the integration of content knowledge ( CK) that is, the material is in accordance with the expected competence. The learning process produces four activities to support statistical literacy skills, namely data awareness (the importance of data in life and how to collect it), Statistics conceptual and Idea (managing good and correct data), representative data (presenting and visualizing data), and data interpretation (interpreting data to draw a conclusion)

Page 1 of 4 | Total Record : 32