Jurnal Penelitian Tindakan Kelas
Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal Penelitian Tindakan Kelas (Mei)

Metode Inquiry: Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Pada Materi Luas Bangun Datar

Segara, Bayu (Unknown)
Choirudin, Choirudin (Unknown)
Setiawan, Agus (Unknown)
Saidun Anwar, Muhammad (Unknown)
Arif, Viky Risnanda (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Mar 2023

Abstract

Model pembelajaran inqury mampu meningkatkan hasil belajar siswa serta mengembangkan keterampilan bertanya, bekerjasama dalam kelompok untuk mendapatkan hasil yang baik. Masalah utama adalah nilai ulangan harian peserta didik kelas VIII untuk pelajaran matematika dengan materiĀ  luas bangun datarĀ  rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman tentang luas bangun datar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bekri. Rancangan penelitian dilakukan dalam tiga siklus, mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart yaitu yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bekri berjumlah 31 siswa pada tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara atau bertanya kepada siswa dan memberikan latihan soal. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini penggunaan metode inquiri dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa sebesar 86% pada materi luas bangun datar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

JPTK (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas) adalah jurnal peer-review yang diterbitkan empat kali setahun pada bulan MEI, SEPTEMBER, JANUARI. Jurnal tersebut berisi jurnal penelitian tindakan kelas pada jenjang PAUD, SD, SMP, SMA Jurnal ini memiliki akses terbuka yang artinya semua konten tersedia ...