Nilai profesional dalam keperawatan menjadi aspek primer yang perlu ditanamkan sejak di tingkat pendidikan. Penerapan nilai profesional pada mahasiswa keperawatan harus dilakukan sehingga terbentuk cinta profesi dan meningkatkan identitas profesi keperawatan. Upaya ini juga sebagai wujud identitas dan landasan tentang praktik keperawatan. Nilai profesional berfungsi sebagai pedoman bagi perawat dalam berinteraksi dengan pasien, sejawat, profesi lain, dan masyarakat. Mengingat pentingnya nilai profesional, perlu dilakukan upaya peningkatan nilai profesional mahasiswa keperawatan melalui kegiatan mentoring. Pengabdian masyarakat ini akan dilakukan sebagai upaya peningkatan pemahaman dan nilai profesional mahasiswa keperawatan. Terdapat dua tahapan yang akan dilakukan dalam pelaksanaan pengabdian yaitu penyusunan materi dan mentoring. Pelaksanaan kegiatan pengabdian dilakukan pada mahasiswa semester 2 yang telah mendapatkan materi profesional keperawatan. Evaluasi akan dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan analisis paired t-test. Hasil pengabdian masyarakat menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai professional (p-value 0,008) dan pengetahuan (p-value 0,000) mahasiswa keperawatan sebelum dan sesudah diberikan kegiatan mentoring. Upaya peningkatan nilai profesional ini dapat menjadi langkah awal untuk membangun nilai-nilai keperawatan pada mahasiswa keperawatan. Internalisasi nilai sejak dini diperlukan sehingga tercipta lulusan yang memiliki profesionalisme tinggi dalam bekerja dan memberikan pelayanan asuhan keperawatan.
Copyrights © 2023