Journal of Student Research
Vol 1 No 5 (2023): September: Journal of Student Research

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN TARIF PREMI TERHADAP KEPUASAN NASABAH ASURANSI SYARI’AH (Studi Pada PT Asuransi Jiwa Syariah AL - AMIN )

Yeza Ayu Pratiwi (Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin)
H. Sissah (Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin)
Firman Syah Noor (Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin)



Article Info

Publish Date
11 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini berfokus pada ”Kualitas Pelayanan, Tarif Premi Dan Kepuasan Nasabah Pengguna Jasa PT. Asuransi Jiwa Syariah AL - AMIN Cabang Jambi”. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh premi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah asuransi PT. Asuransi Jiwa Syariah AL - AMIN cabang Jambi. Jenis penelitian ini jika di tinjau dari rencana penelitian maka dapat dapat digolongkan kedalam penelitian kuantitatif dan metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 64 orang nasabah asuransi jiwa di AL - AMIN. Dari hasil uji t variabel Kualitas Pelayanan (X1) dengan nilai t hitung 0,668 < nilai t tabel 1,999 (t tabel= t (α/2; n-k-1) = t (0,025;62) =1,999) dan nilai signifikan 0,506 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho diterima dan Ha ditolak. Dari hasil uji tersebut dapat dinyatakan bahwa secara parsial Kualitas Pelayanan (X1) berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Nasabah (Y). Dan hasil uji t variabel Tarif Premi (X2) mempunyai nilai signifikan untuk Tarif Premi terhadap Y adalah dengan nilai t hitung -1,209 < nilai t tabel 1,999 (t tabel= t (α/2; n-k-1) = t (0,025;62) =1,999) dan nilai signifikan 0,231 < 0,05. Dengan demikian Ho diterima dan Ha ditolak. Dari hasil uji tersebut dapat dinyatakan bahwa secara parsial Tarif Premi berpengaruh secara signifikan terhadap Kepuasan Nasabah. Dari hasil uji hipotesis f diketahui bahwa bahwa variabel Kualitas Pelayanan (X1) dan Tarif Premi (X2) secara simultan (bersama-sama) berpengaruh terhadap variabel dependen (Kepuasan). Hal ini dibuktikan dengan menggunakan nilai f hitung > f tabel dimana 0,928 > 0,315 (f tabel=f (k; n.k) f (2; 62) = 3.15) dan nilai signifikan sebesar 0,401 < 0,05.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jsr

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Public Health Social Sciences

Description

Ilmu Sosial Humaniora, Pertanian, Kesehatan, Peternakan, perikanan, Politik, Pendidikan, Ilmu Teknik, Teknik Elektro dan Informatika, Desain Komunikasi Visual, Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi, Kewirausahaan dan ...