Penelitian ini dilatar belakangi karena belum optimalnya pemanfaatan media balok pada kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kemampuan menganal lambang bilangan anak usia 4-5 tahun melalui penggunaan permainan balok angka dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian ini merupaklan penelitian kuantitatif eksperimen dengan bentuk desain eksperimennya yaitu Pre-eksperimental Design dengan menggunakan One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan anak usia dini dan sampel yang berjumlah 15 anak. Teknik sampling yang digunakan yaitu sampling jenuh. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yakni menggunakan observasi. Kemudian teknik analisis data yaitu deskriptif kuantitatif. Instrument penelitian menggunakan pedoman lembar observasi. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh hasil pre-test diketahui dari 15 anak, Perkembangan lambang bilangan anak mencapai nilai rata-rata 94,53 dengan kategori anak Mulai Berkembang (MB). Setelah diberikan permainan balok mencapai nilai rata-rata 100,60 dengan kategori anak Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Hal ini juga beardasarkan hasil dari pengujian hipotesis thitung > ttabel dan diperolah dari pengujian yakni 4,38>2,047 dengan angka signifikan sebesar dengan demikian hipotesis Ho di tolak dan Ha diterima sehingga dapat dinyatakan ada pengaruh yang signifikan permainan balok angka terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan anak usia 4-5 tahun di PAUD Sabilul Huda desa Sukamukti Kecamatan Cisayong.
Copyrights © 2023