Journal of Mathematics Education and Science
Vol. 6 No. 2 (2023): Journal of Mathematics Education and Science

Implementasi Model Pembelajaran TGT Berbantuan “Ultraphy” untuk Meningkatkan Pemahaman Matematis Siswa SMP Negeri 1 Magelang

Nurvian Santri Alim (Universitas Tidar)
Fadhilah Rahmawati (Universitas Tidar)
Zuida Ratih Hendrastuti (Universitas Tidar)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2023

Abstract

Kemampuan pemahaman matematis siswa SMP Negeri 1 Magelang masih dalam kelompok rendah. Hal ini disebabkan model serta media pembelajaran belum beragam, sehingga dapat berpengaruh bagi keaktifan dan kemampuan pemahaman matematis siswa. Penelitian ini mempunyai tujuan guna menganalisis implementasi model pembelajaran TGT berbantuan ULTRAPHY bagi kemampuan pemahaman matematis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui metodologi eksperimen semu. Siswa kelas VIII B menjadi kelas eksperimen serta siswa kelas VIII C menjadi kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yakni angket, pedoman wawancara, lembar observasi, serta tes. Mengacu dari hasil analisis data dengan Independent Simple t-test serta uji N-Gain didapat 1) ketidaksamaan kemampuan pemahaman matematis pada model pembelajaran TGT berbantuan ULTRAPHY dan model pembelajaran langsung; dan 2) kenaikan kemampuan pemahaman matematis yang lebih baik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Simpulan pengamatan ini, yaitu 1) siswa yang mendapat pembelajaran melalui model pembelajaran TGT berbantuan ULTRAPHY memiliki kemampuan pemahaman matematis yang cenderung baik dibanding melalui model pembelajaran langsung; dan 2) adanya kenaikan pemahaman matematis cukup baik pada siswa yang mendapat pembelajaran melalui model pembelajaran TGT berbantuan ULTRAPHY dibanding melalui model pembelajaran langsung.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JaMES

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Journal of Mathematics Education and Science (JaMES) is a mathematical journal published biannually (April & October) by the Mathematics Educations Department, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro. Journal includes research papers, literature ...