Gunung Djati Conference Series
Vol. 30 (2023): Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi ke-4 Tahun 2023

RESPON SISWA TERHADAP MODEL PEMBELAJARAN THREE LEVEL INQUIRY PADA MATERI EKOSISTEM

Elsa Selia (Unknown)
Sumiyati Sa'adah (Unknown)
Iwan Ridwan Yusuf (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini dilakukan sebagai bentuk inovasi pembelajaran dari pentingnya salah satu keterampilan yakni penguasaan konsep pada pembelajaran biologi yang sangat dibutuhkan untuk memecahkan suatu masalah yang terjadi pada alam dan teknologi yang semakin kompleks dalam kehidupan modern. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis respon siswa setelah pembelajaran menggunakan model pembelajaran three level inquiry pada materi ekosistem. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yakni purposive sampling dengan populasi penelitian siswa kelas X yaitu kelas X-E yang berjumlah 26 siswa, sampel yang digunakan adalah kelas X-E. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yakni lembar angket. Respon siswa terhadap proses pembelajaran model three level inquiry memberikan respon positif, diperoleh rata-rata persentase keseluruhan adalah 82%, rata-rata persentase pertemuan I 77%, pertemuan II 85% dan pertemuan III 85% dan rata-rata persentase aspek sintaks observasi 85%, manipulasi 85%, generalisasi 85%, verifikasi 82% dan aplikasi 76%. Respon siswa setelah pembelajaran menggunakan model three level inquiry menujukukkan interpretasi sangat baik terhadap proses pembelajaran pada materi ekosistem.

Copyrights © 2023