Penelitian ini dilakukan untuk mengatasi kekurangan bahan ajar mata kuliah Pengembangan Media Grafis bagi mahasiswa Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Tujuan penelitian untuk 1) menganalisis gambaran kebutuhan perencanaan pengembangan e-book, 2) menyusun bahan ajar e-book, dan 3) mengetahui validitas dan kepraktisan pengembangan e-book. Penelitian menggunakan metodologi penelitian dan pengembangan (R&D) yang menyusun produk berbentuk e-book. Model pengembangan yang diterapkan, model Alessi dan Trollip terdiri tiga tahap yaitu perencanaan, desain dan pengembangan. Penelitian ini diikuti 30 mahasiswa teknologi pendidikan, 1 dosen pengampuh mata kuliah, dan 2 validator yakni validator isi dan validator media dan desain.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah survei penilaian kebutuhan, survei validasi ahli media dan desain serta ahli isi, survei tanggapan dosen pengampu, pengujian kelompok kecil, pengujian kelompok besar, dan kerangka pendukung penelitian. Hasil penelitian menunjukkan 1) Terdapat kebutuhan mahasiswa terhadap bahan ajar berbasis e-book dalam mata kuliah pengembangan media grafis. 2) Desain bahan ajar menggunakan aplikasi Canva, dengan output berupa tautan link .html yang mudah diakses oleh mahasiswa. 3) Hasil validasi isi materi pada ebook menunjukkan kualifikasi yang sangat valid, begitu pula dengan validasi media dan desain pada ebook. Uji coba terhadap kelompok kecil dan kelompok besar menunjukkan hasil yang sangat baik dan tidak memerlukan revisi.Tanggapan dari dosen pengampu mata kuliah juga berada pada kualifikasi sangat baik.
Copyrights © 2023