Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang
Vol. 9 No. 3 (2023): Volume 09 No. 03 Juli 2023

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DI KELAS V SDN KAMPUNG SAWIT 6

Novi Triana (Universitas PGRI Palembang)
Ilham Arvan Junaidi (Universitas PGRI Palembang)
Masagus Firdaus (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
10 Aug 2023

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini kemampuan berfikir kreatif siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Pembelajaran cooperative script dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa Kelas V SD Negeri Kampung Sawit 6. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Jenis penelitian yang ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan metode pendekatan Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V sebanya 14 siswa. Sampel yang di ambil dari penelitian ini adalah semua siswa siswi kelas V yang berjumlah 14 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penelitian yang dilakukan tentang penerapan metode pembelajaran Cooperative Script terhadap berbagai materi, khususnya menganalisis dampak kalor terhadap perubahan suhu dan perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V SD Negeri Kampung Sawit 6, dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran cooperative script memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan keterampilan berpikir kreatif. Studi ini telah menunjukkan bahwa hasil rata-rata posttest secara signifikan lebih tinggi bila dibandingkan dengan hasil rata-rata pretest, dengan rata-rata hasil akhir pada 72,14 dan hasil awal pada 90.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

didaktik

Publisher

Subject

Education

Description

Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang adalah salah satu jurnal yang dterbitkan oleh STKIP Subang, jurnal ini mempunyai bidang cakupan yaitu Penelitian Pendidikan. Terbit pada bulan Juni dan Desember setiap tahunnya. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang melalui proses review oleh dua ...