Jurnal Literasi dan Pembelajaran Indonesia
Vol 3 No 1 (2023): Januari-Juni

Analisis Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka

Salsabilla, Irmaliya Izzah (Unknown)
Jannah, Erisya (Unknown)
Juanda, Juanda (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2023

Abstract

Studi ini dilakukan untuk menganalisis isi modul ajar berbasis kurikulum merdeka untuk membahas dan mengkaji lebih dalam mengenai modul ajar berbasis kurikulum merdeka, sehingga guru tidak akan kebingungan lagi saat menyusun modul ajar. Studi ini dirancang dengan metode analisis deskripsi dan kajian kepustakaan. Data yang dianalisis tidak untuk menolak atau menerima hipotesis, melainkan hasil analisis itu berbentuk deskripsi dari data yang diamati dan tidak harus berupa angka-angka atau koefisien antar variabel. Analisis deskriptif dilakukan dengan cara mengumpulkan data utama berupa modul ajar isi modul ajar tersebut dianalisis dan dijabarkan untuk dapat memberikan gambaran mengenai modul ajar. Berdasarkan analisis terdapat beberapa komponen yang terdapat dalam modul ajar. Komponen yang terdapat dalam modul ajar yaitu informasi umum, komponen inti, dan lampiran. Point of view dari modul ajar kurikulum merdeka terdapat pada komponen profil pelajar pancasila dan pembuatan modul yang dapat dibuat sesuai dengan kebutuhan peserta didik, guru, dan sekolah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JLPI

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Literasi dan Pembelajaran Indonesia (JLPI) adalah wadah publikasi bagi mahasiswa, guru, dosen, praktisi maupun peneliti pada bidang literasi dan pembelajaran. JLPI menerima tulisan dalam bentuk artikel hasil penelitian maupun artikel review tentang isu yang berkaitan dengan: Literasi Membaca, ...