Jurnal Literasi dan Pembelajaran Indonesia
Vol 3 No 2 (2023): Juli-Desember

Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Kelas X Mia 1 SMA Negeri 8 Mataram

Hijrati, Irfa (Unknown)
Khairuddin, Khairuddin (Unknown)
Rohayuni, Rohayuni (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 8 Mataram dapat menjadi salah satu upaya dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindak Kelas (PTK) Kolaboratif dimana pelaksanaannya dilakukan dalam 2 siklus dalam 4 kali pertemuan dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang. Pelaksanaan dilaksanakan menggunakan metode Lesson Study yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, dan refleksi. Data penelitian berupa hasil belajar siswa yang diambil dengan menggunakan soal-soal pilihan ganda dan essay. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pada siklus 1 ketuntasan hasil belajar siswa ada pada angka 68% dengan rerata nilai sebesar 77, 2) data pada siklus 2 menunjukkan ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 86% dengan rerata nilai sebesar 79. Berdasarkan data yang disajikan, dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) dalam penelitian ini. Hasil peningkatan kelengkapan hasil belajar dari siklus 1 ke siklus 2 menunjukkan bahwa Model Pembelajaran PBL dapat efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JLPI

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Literasi dan Pembelajaran Indonesia (JLPI) adalah wadah publikasi bagi mahasiswa, guru, dosen, praktisi maupun peneliti pada bidang literasi dan pembelajaran. JLPI menerima tulisan dalam bentuk artikel hasil penelitian maupun artikel review tentang isu yang berkaitan dengan: Literasi Membaca, ...