Jurnal Literasi dan Pembelajaran Indonesia
Vol 3 No 2 (2023): Juli-Desember

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X Mia 2 SMA Negeri 8 Mataram

Fitriani, Tia (Unknown)
Khairuddin, Khairuddin (Unknown)
Rohayuni, Rohayuni (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menegetahui peningkatan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi ekosistem kelas X MIA 2 SMA Negeri 8 Mataram. Subyek penelitian berjumlah 30 orang yang teridiri dari 14 laki-laki dan 16 perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang mengacu pada model Kemmis dan Taggart. Penelitian ini di lakukan dalam 2 siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data penelitian berupa hasil belajar kognitif yang diambil dengan teknik tes pilihan ganda dan uraian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pada siklus I nilai ketuntasan klasikal pesrta didik 67% dengan nilai rata-rata kemampuan kognitif 74. Pada siklus II nilai ketuntasan klasikal pesrta didik 83% dengan nilai rata-rata kemampuan kognitif 84. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JLPI

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Literasi dan Pembelajaran Indonesia (JLPI) adalah wadah publikasi bagi mahasiswa, guru, dosen, praktisi maupun peneliti pada bidang literasi dan pembelajaran. JLPI menerima tulisan dalam bentuk artikel hasil penelitian maupun artikel review tentang isu yang berkaitan dengan: Literasi Membaca, ...