Jurnal Literasi dan Pembelajaran Indonesia
Vol 3 No 2 (2023): Juli-Desember

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Numbured Heads Together (NHT) Pada Pembelajatan Tematik Tema 1 Kelas 5 SDN 22 Ampenan Tahuan Ajaran 2022/2023

Drestajumna, I Putu (Unknown)
Arni, Amelia (Unknown)
Nisa, Khairun (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2023

Abstract

Pelajaran IPA merupakan pelajaran yang masih dianggap sulit bagi siswa. Hal ini dapat ditinjau dari hasil belajar IPA siswa yang masih rendah. Rendahnya hasil belajar disebabkan oleh pemilihan metode pembelajaran yang kurang tepat. Salah satu cara untuk menanggulangi permasalahan tersebut adalah menggunakan model pembelajaran yang melibatkan peran siswa secara aktif dalam proses belajar mengajar. Model yang mampu melibatkan peran siswa secara aktif adalah model pembelajaran kooperatif, salah satunya adalah tipe Numbered Head Together (NHT). Model dengan tipe NHT mengutamakan adanya kelompok- kelompok dengan anggota yang memiliki tingkat kemampuan yang berbeda-beda. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas SDN 22 Ampenan. Faktor utama yang menjadi perhatian untuk diselidiki adalah nilai harian siswa, kemampuan siswa, dan hasil tes siswa. Penerapan model NHT dilaksanakan dalam 2 siklus, di mana setiap siklus memiliki 4 tahap. Tahap tersebut adalah perencanaan, aksi, observasi, dan refleksi. Hasil observasi pada siklus 2 menunjukkan perubahan yang positif pada siswa. Perubahan tersebut dilihat dari segi prestasi, interaksi, sikap, dan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal matematika secara individu sebagai dampak positif terhadap hasil belajar kelompok.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JLPI

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Literasi dan Pembelajaran Indonesia (JLPI) adalah wadah publikasi bagi mahasiswa, guru, dosen, praktisi maupun peneliti pada bidang literasi dan pembelajaran. JLPI menerima tulisan dalam bentuk artikel hasil penelitian maupun artikel review tentang isu yang berkaitan dengan: Literasi Membaca, ...