Kepuasan pasien dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya yaitu perilaku caring perawat kepada pasien. Perilaku caring perawat sangat penting dalam memenuhi kepuasan pasien, hal ini menjadi salah satu indikator kualitas pelayanan di rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan caring perawat dengan kepuasan pasien. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif, dengan deskriptif korelatif dan menggunakan pendekatan Cross Sectional. Pengumpulan data primer dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan kuesioner SERVQUAL. Sampel dalam penelitian ini yaitu pasien rawat inap yang sudah menjalani perawatan selama 3-5 hari dengan populasi sebanyak 30 orang dengan menggunakan tehnik total sampling. Analisa yang digunakan yaitu univariate dan bivariate dengan uji Spearman Rank. Hasil uji statistik menggunakan Spearman Rank dengan nilai Signifikansi p= 0,016 < α 0,05. Maka Ho ditolak, yakni ada hubungan antara Perilaku Caring Perawat dengan Kepuasan Pasien. Diharapkan perawat dapat meningkatkan perilaku caring, sehingga dapat meningkatkan kepuasan pasien terhadap pelayanan keperawatan.
Copyrights © 2023