Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kesadaran peserta didik dalam melaksanakan ibadah Shalat Wajib (Lima Waktu), dan bagaimana upaya guru khususnya pendidikan agama Islam dalam menanamkan kesadaran shalat wajib peserta didik Sekolah Menengah Pertama NU Sunan Giri Kepanjen. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif jenis studi kasus, dengan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajdian, dan verifikasi kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesadaran peserta didik dalam melaksanakan ibadah shalat wajib masih kurang. Untuk menangani hal tersebut, guru khususnya pendidikan agama Islam melakukan beberapa upaya, di antaranya adalah memberikan pemahaman materi sekaligus praktik secara langsung terkait ibadah shalat wajib, memberikan tugas wajib hafalan SKU yang dilakukan sebelum kegdiatan pembelajaran berlangsung, serta memberikan buku monitoring siswa sebagai sarana pengendali dan penghubung antara guru dan orangtua.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022