Bahasa Inggris perlu dipelajari sebagai salah satu bahasa internasional saat ini. Namun, terdapat kendala dalam mempelajarinya, utamanya dalam membedakan kelas kata. Kemudian, untuk mengatasinya, perlu adanya inovasi dan kreativitas dalam pembelajaran seperti menggunakan permainan didalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk melihat dampak dari permainan dalam peningkatan kemampuan membedakan kelas kata. Terdapat 22 partisipan dalam penelitian ini. Mereka adalah mahasiswa semester awal di salah satu Universitas negeri di Madura. Peneliti menyebar angket sebagai data awal, kemudian melakukan pretest dan posttest. Penelitian dilakukan dalam satu kali pertemuan dan menunjukkan hasil yang signifikan dari pretest dan posttest. Hasilnya, permainan yang diimplementasikan ternyata memberikan kenaikan 40% terhadap kemampuan mahasiswa dalam membedakan kelas kata. Mahasiswa yang merupakan andragogy learner perlu difasilitasi dengan metode pembelajaran yang lebih bervariatif seperti permainan kata.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023