JIPI (Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA)
Vol 3, No 2 (2019): Desember 2019

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERMUATAN KONTEKS KELAUTAN UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA

Indarini Dwi Pursitasari (prodi pendidikan IPA pascasarjana universitas pakuan)
Eka Suhardi (prodi pendidikan IPA pascasarjana universitas pakuan)
Didit Ardianto (prodi pendidikan IPA pascasarjana universitas pakuan)
Ayi Arif (prodi pendidikan IPA pascasarjana universitas pakuan)



Article Info

Publish Date
22 Dec 2019

Abstract

Literasi sains siswa Indonesia masih rendah dan buku yang selama ini digunakan belum melatih siswa untuk memahami hakekat sains. Oleh karena itu, literasi sains siswa perlu ditingkatkan melalui bahan ajar yang menyajikan fenomena alam dan permasalahan yang terjadi di sekitar siswa. Tujuan penelitian adalah mengembangkan bahan ajar bermuatan konteks kelautan untuk meningkatkan literasi sains siswa. Penelitian ini merupakan pengembangan dengan metode four step material teaching development. Efektivitas bahan ajar bermuatan konteks kelautan terhadap peningkatan literasi sains siswa dilakukan melalui pretest dan posttest literasi sains kepada 30 siswa kelas VII SMP Agribinta Kabupaten Cianjur. Pengumpulan data menggunakan: 1) lembar validasi ahli untuk menentukan kelayakan bahan ajar; 2) tes keterpahaman untuk menentukan pemahaman siswa terhadap bahan ajar; 3) tes literasi sains untuk menentukan literasi sains siswa, dan 4) angket untuk menjaring sikap siswa terhadap bahan ajar. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Data pretest dan posttest dihitung N-gain kemudian dikategorisasikan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) hasil validasi ahli diperoleh nilai rata-rata 3,85, 2) bahan ajar bermuatan konteks kelautan dapat meningkatkan literasi sains siswa dengan rata-rata hasil pretest sebesar 32,00; posttest sebesar 60,70; N-gain sebesar 42,11% (kategori sedang), serta 3) sikap sains siswa termasuk kategori tinggi.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JIPI

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Environmental Science Physics

Description

JIPI (Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA) aims to serve original articles on the latest issues and trends in high-quality research focused on technology-integrated science and/or science learning (chemistry, biology, physics, and environment). Technology integration includes learning media, curriculum, ...