Silabus matakuliah Kemuhammadiyahan di Program Studi Pendidikan Agama Islam UMSU, masih harus disesuaikan dengan kebutuhan lulusan. Rumusan Kompetensi Dasar, metode dan capaian pembelajaran yang terdapat dalam Rencana Pembelajaran Semester (RPS), masih belum sesuai dengan standar teori perumusannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui rumusan silabus dan RPS, serta mengembangkan Silabus dan RPS matakuliah Kemuhammadiyahan bagi mahasiswa Program Studi PAI UMSU. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan metode Desain Berbasis Riset. Langkah-langkah penelitiannya; identifiksasi dan analisis masalah, merancang produk, uji validitas isi oleh para ahli dan revisi, serta melakukan refleksi produk. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik analisis dokumen, wawancara, dan Focus Group Discussion, seta review rancangan oleh pakar. Analisis data menggunakan model analisis interaktif yang dilakukan secara interaktif.dan berlangsung. secara kontinu. Adapun langkah-langkah penelitian datanya adalah reduksi data, display data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Konten Silabus matakuliah Kemuhammadiyahan di Prodi PAI UMSU masih kurang sesuai dengan kebutuhan lulusan. Semua Kompetensi Dasar yang dirumuskan menggunakan kata kerja non operasional. Metode yang dicantumkan bersifat konvensional. Rumusan capaian pembelajaran masih pada level C1 dan C2 dengan kategori LOTS. 2) Pengembangan silabus Kemuhammadiyahan Prodi PAI ditambah dengan beberapa pokok bahasan dari kurikulum Kemuhammadiyahan tingkat SMA. Pengembangan RPS dilakukan dengan merumuskan Kompetensi Dasar menggunakan kata kerja operasional. Metode yang dicantumkan harus dapat memicu berfikir kritis, kemampuan menalar, dan berpusat pada mahasiswa. Perumusan capaian pembelajarannya harus pada level C3-C6 (HOTS).
Copyrights © 2023