Artikel ini membahas peran mahasiswa dalam program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Bangun Purba, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mengungkap peran mahasiswa KKN dalam pengembangan pendidikan di desa tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap dan menganalisis peran mahasiswa KKN dalam pembangunan pendidikan di Desa Bangun Purba serta dampak positif yang dihasilkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa KKN Kelompok 139 UINSU memiliki peran yang signifikan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Desa Bangun Purba. Mereka terlibat dalam pelatihan guru, program ekstrakurikuler, dan pengembangan kurikulum yang relevan. Dampak positif juga terlihat pada motivasi belajar siswa. Meskipun ada tantangan dalam implementasi program KKN, kolaborasi antara mahasiswa, pemerintah, dan masyarakat desa penting dalam upaya pembangunan desa. Peran mahasiswa KKN mencerminkan relevansi dalam konteks pembangunan desa dan berperan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat. Saran utama adalah meningkatkan persiapan mahasiswa sebelum program KKN, memperkuat kerjasama antara berbagai pihak, dan meningkatkan infrastruktur pendidikan di desa terpencil.
Copyrights © 2023