Perkembangan teknologi saat ini melahirkan online shop yang saat ini menjadi pilihan alternatif dalam berbelanja. Shopee merupakan salah satu platform e-commerce yang banyak digunakan di masyarakat. Ada berbagai keunggulan yang dipunyai oleh Shopee yang membawa dampak yaitu terbentuknya pola hidup yang konsumtif yang menyebabkan masyarakat sering membeli barang tanpa disertai pertimbangan dan hanya mengikuti dorongan emosional belaka. Proses pembelian tersebut merupakan pembelian impulsif. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan perilaku impulsive buying pada mahasiswa akibat belanja online di e-commerce shopee. Desain pada penelitian ini menggunakan kualitatif untuk membantu memahami dan melihat situasi atau fenomena dan pengalaman dari partisipan untuk dijadikan sebuah pembelajaran untuk pembaca. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara pada tiga mahasiswa yang menggunakan Shopee. Hasil dari penelitian ini dapat menggambarkan perilaku impulsive buying pada mahasiswa pengguna Shopee bahwa kurangnya kontrol diri pada diri mereka masing-masing dan keuntungan serta keunggulan yang diberikan oleh Shopee membuat mereka berperilaku impulsive buying yang pada akhirnya akan merugikan dirinya sendiri.
Copyrights © 2023