Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 4 No. 3 (2023): Volume 4 Nomor 3 Tahun 2023

IMPULSIVE BUYING PADA MAHASISWA PENGGUNA E-COMMERCE SHOPEE

Meitrix Amelia Langie (Universitas Kristen Satya Wacana)
Emmanuel Satyo Yuwono (Universitas Kristen Satya Wacana)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2023

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini melahirkan online shop yang saat ini menjadi pilihan alternatif dalam berbelanja. Shopee merupakan salah satu platform e-commerce yang banyak digunakan di masyarakat. Ada berbagai keunggulan yang dipunyai oleh Shopee yang membawa dampak yaitu terbentuknya pola hidup yang konsumtif yang menyebabkan masyarakat sering membeli barang tanpa disertai pertimbangan dan hanya mengikuti dorongan emosional belaka. Proses pembelian tersebut merupakan pembelian impulsif. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan perilaku impulsive buying pada mahasiswa akibat belanja online di e-commerce shopee. Desain pada penelitian ini menggunakan kualitatif untuk membantu memahami dan melihat situasi atau fenomena dan pengalaman dari partisipan untuk dijadikan sebuah pembelajaran untuk pembaca. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara pada tiga mahasiswa yang menggunakan Shopee. Hasil dari penelitian ini dapat menggambarkan perilaku impulsive buying pada mahasiswa pengguna Shopee bahwa kurangnya kontrol diri pada diri mereka masing-masing dan keuntungan serta keunggulan yang diberikan oleh Shopee membuat mereka berperilaku impulsive buying yang pada akhirnya akan merugikan dirinya sendiri.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

cdj

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Health Professions Public Health

Description

ommunity Development Journal : Jurnal Pengabdian masyarakat di terbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Pahlawan yang berisikan tentang hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya Kesehatan, ...