Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran tutor sebaya pada materi bangun ruang di kelas II-C SD St. Ignatius Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II-C SD St. Ignatius Medan. Hasil penelitian pada siklus I siswa yang mendapat nilai tuntas sebanyak 12 siswa atau 50% sedangkan siswa yang tidak tuntas sebanyak 12 siswa atau 50% dengan nilai rata-rata 68,20. Pada siklus II yaitu siswa yang mendapat nilai tuntas sebanyak 20 siswa atau 83,33% sedangkan siswa yang tidak tuntas sebanyak 4 siswa atau 16,67% dengan nilai rata-rata 82,79 maka terjadi peningkatan dari siklus I dibandingkan pada siklus II dan telah memenuhi ketuntasan yang sudah ditentukan. Selanjutnya aktivitas siswa pada proses pembelajaran siklus I memperoleh rata-rata sebanyak 70 dan pada siklus II telah mengalami peningkatan menjadi 90. Hasil penelitian ini menunjukkan ada peningkatan pada hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran tutor sebaya di kelas II-C SD St. Ignatius Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023.
Copyrights © 2023