Quaerite Veritatem : Jurnal Pendidikan
Vol. 3 No. 1 (2023): Volume 3 Nomor 1

PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) PADA MATERI PERSATUAN DAN KESATUAN BANGSA DENGAN MODEL COOPERATIVE TIPE NUMBERED HEATS TOGETHER (NHT) DI KELAS VI-B SD SWASTA ST. YOSEF SIDIKALANG

Liander Pandiangan (SD SWASTA ST. YOSEF SIDIKALANG)



Article Info

Publish Date
12 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PKn khususnya pada materi Persatuan dan Kesatuan Bangsa Kelas VI-B SD Swasta St. Yosef Sidikalang dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together. Rendahnya hasil belajar peserta didik disebabkan karena peserta didik kurang tertarik dalam mengikuti proses pembelajaran, dilihat dari kurang adanya antusias peserta didik untuk bertanya, maupun menjawab pertanyaan yang diberikan pendidik, dan kurang adanya interaksi antara peserta didik dengan pendidik. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Setiap siklus terdapat aspek perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan test (pretest dan postest) dan lembar observasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif melalui observasi selama proses pembelajaran seperti lembar observasi, aktivitas pendidik dan peserta didik, dan data kuantitatif melalui tes hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dari hasil belajar siklus I ke siklus II, dari data pretest siklus 1 diperoleh nilai rata-rata sebesar 30 artinya tidak ada peserta didik yang mendapat nilai tuntas namun pada tes akhir siklus I peserta didik yang tuntas mencapai 69,57% dengan nilai rata-rata 70,86. Dan pada siklus 2 terjadi peningkatan dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 73,91% dengan nilai rata-rata 77,39.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

QVJ

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Quaerite Veritatem : Jurnal Pendidikan is an online media for publishing scientific articles from research results, theses, dissertations and review journals. Each article published in the Image of Education and Learning is first carried out with a Plagiarism Screening process with a maximum amount ...