Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata materi penjumlahan dan pengurangan di kelas 1 SD St. Ignatius Medan tahun ajaran 2022/2023 dengan model quantum learning. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari 1 kali pertemuan. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas 1 SD ST. Ignatius Medan T.A 2022/2023 yang berjumlah 30 siswa, terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Sedangkan obyek penelitian adalah peningkatan hasil belajar pada materi penjumlahan dan pengurangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan diketahui bahwa hasil pembelajaran Matematika di kelas 1 SD St. Ignatius Medan tahun ajaran 2022/2023 meningkat. Hal ini dapat dilihat pada hasil belajar yang dipereoleh siswa yaitu prasiklus dengan nilai rata-rata 69.67 dan ketuntasan klasikal 43%, pada siklus I meningkat dengan nilai rata-rata 74.67 dan ketuntasan klasikal 47 %. Selanjutnya pada siklus II nilai rata-rata diperoleh sebesar 84.67 dengan ketuntasan klasikal mencapai 87%. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Quantum learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas I pada materi penjumlahan dan pengurangan di SD ST. Ignatius Medan tahun ajaran 2022/2023.
Copyrights © 2023