Penelitian ini berjudul “Peningkatan Kemampuan Memperagakan Gerak Tari dengan Model Collaborative Teamwork Learning Siswa Kelas III SD St. Ignatius Medan Tahun Ajaran 2022/2023”. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa memperagakan gerak tari dengan model collaborative teamwork learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang memuat dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu; (1)perencanaan, (2)pelaksanaan, (3)observasi, (4)refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes praktik atau unjuk kerja dengan alat instrumen menggunakan rubrik penilaian terhadap kemampuan memperagakan gerak tari. Pada tahap pra siklus diperoleh data bahwa kemampuan siswa memperagakan gerak tari masih rendah, yaitu siswa yang mampu atau mendapat nilai di atas KKM hanya 10 orang atau 38% dari 26 siswa. Setelah diberikan tindakan pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 18 siswa atau 69% dari 26 siswa. Selanjutnya setelah dilaksanakan siklus II semakin mengalami peningkatan menjadi 24 siswa atau 92% siswa mengalami peningkatan kemampuan memperagakan gerak tari. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Collaborative Teamwork Learning dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memperagakan gerak tari.
Copyrights © 2023