Quaerite Veritatem : Jurnal Pendidikan
Vol. 3 No. 1 (2023): Volume 3 Nomor 1

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI PESAWAT SEDERHANA DENGAN MODEL INQUIRI SISWA KELAS VIII-3 SMP ST. PAULUS SIDIKALANG

Rupeuli H. Sianturi (SMP St. Paulus Sidikalang)



Article Info

Publish Date
12 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar materi Pesawat Sederhana siswa kelas VIII-3 SMP St. Paulus melalui model pembelajaran inquiri. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah meliputi perencanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian terdiri dari dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Identifikasi awal dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap hasil penilaian harian ke-2 yang dengan nilai masih banyak di bawah KKM. Data penilaian harian di tempat penelitian yang menunjukkan bahwa 57,5% memiliki nilai dibawah KKM, dengan rata-rata nilai 62,0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar sebesar 22,5% dari 25,0% menjadi 65,0%. Pada siklus II terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar sebesar 42,5% dari 65,0% menjadi 90,0%. Hal tersebut telah memenuhi ketercapaian indikator keberhasilan tindakan yaitu minimal 85% siswa dalam kelas tersebut mencapai KKM ≥ 75. Rata-rata nilai pada siklus I meningkat dari 62,0 menjadi 73,25. Dan rata-rata nilai pada siklus II meningkat dari 73,25 menjadi 85,5. Artinya bahwa penggunaan model pembelajaran inquiri pada materi pesawat sederhana siswa kelas VIII-3 SMP St. Paulus dapat meningkatkan hasil belajar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

QVJ

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Quaerite Veritatem : Jurnal Pendidikan is an online media for publishing scientific articles from research results, theses, dissertations and review journals. Each article published in the Image of Education and Learning is first carried out with a Plagiarism Screening process with a maximum amount ...