Empowerment : Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 6 No. 02 (2023): Empowerment

Pelatihan Model Pembelajaran Inovatif dalam Rangka Meningkatkan Kompetensi Guru-Guru MGMP IPS SMP Wilayah Singaparna, Tasikmalaya

Suryani, Yeyen (Unknown)
Iskandar, Iskandar (Unknown)
Jumantini, Entin (Unknown)
Setiawan, Iyan (Unknown)
Pratiwi, Rani Tania (Unknown)
Mulyati, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2023

Abstract

 So far, the learning model chosen by the teacher has not been able to provide opportunities for students to be involved in it through direct practice, teaching and applying the material that has been learned. Teachers often use conventional methods so that teachers tend to be more dominant in learning, on the other hand students tend to be passive, less critical and creative. The purpose of this community service is to provide new knowledge and insights to MGMP Social Studies teachers at Singaparna Junior High School, Sukahaji Village, Singaparna District, Tasikmalaya Regency about innovative learning models, so that their minds and competencies and motivations are open to them to have the ability to master various innovative learning models. . The method used in this activity is in the form of training through lectures, questions and answers and discussions. The result achieved is an increase in the understanding and knowledge of MGMP Social Studies teachers regarding innovative learning models and how to apply these innovative models. Selama ini model pembelajaran yang dipilih guru belum dapat memberikan kesempatan pada siswa untuk ikut terlibat didalamnya melalui praktik langsung, mengajarkan dan menerapkan materi yang telah dipelajari. Guru seringkali menggunakan metode konvensional sehingga guru cenderung lebih bersifat dominan dalam pembelajaran, di lain pihak siswa cenderung pasif , kurang kritis dan kreatif. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini untuk memberikan ilmu dan wawasan baru kepada guru-guru MGMP IPS SMP  Singaparna Desa Sukahaji Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya tentang model pembelajaran inovatif, sehingga terbuka pikiran dan kompetensi serta  motivasi dalam diri mereka  untuk memiliki kemampuan dalam menguasai berbagai model pembelajaran yang inovatif . Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah berupa pelatihan melalui ceramah, tanya jawab dan diskusi. Hasil yang dicapai adalah peningkatan pemahaman dan pengetahuan guru-guru MGMP IPS mengenai model pembelajaran inovatif serta cara mengaplikasikan model inovatif tersebut. 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

empowerment

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

EMPOWERMENT adalah media penerbitan karya tulis berbasis hasil pengabdian masyarakat dosen dan mahasiswa, menerima tulisan dari berbagai disiplin ilmu pengetahuan/multidisipin. Jenis naskah yang dipublikasikan adalah naskah asli/orisinal hasil pengabdian kepada masyarakat, jurnal ini terbit dalam 6 ...