Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 5 No. 4 (2023): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengaruh Bentuk Latihan Passing Bawah Perorangan Dan Passing Bawah Berpasangan Terhadap Kemampuan Passing Bawah Bola Voli Siswa Kelas V SD Muhammad Alif Sejahtera Bontomanai Kabupaten Takalar

Ashar Ashar (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Yusran Rahmat (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Murni Murni (Universitas Muhammadiyah Makassar)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh bentuk latihan passing bawah perorangan dan berpasangan pada permainan bola voli siswa kelas V SD Muhammad Alif Sejahtera Bontomanai Kabupaten Takalar. Jenis penelitian yang diguanakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen. Desain ini menggunakan dua kali pengukuran terhadap pemahaman siswa tentang materi yang akan dijadikan sampel. Pengukuran pertama pre-test dilakukan untuk mengetahui pemahaman siswa sebelum diberikan perlakuan. Yaitu tingkat pemahaman siswa sebelum diterapkan permainan bola voli. Tes kedua post-test yaitu pemberian test kepada siswa untuk mengetahui pemahaman siswa setelah diterapkan permainan bola voli dalam penelitian ini adalah kelas V SD Muhammad Alif Sejahtera Bontomanai Kabupaten Takalar sebanyak 12 orang siswa. Berdasarkan hasil data statistik dengan uji-t diketahui bahwa terdapatnya peningkatan secara nyata dari perlakuan yang diberikan denga latihan perorangan terhadap kemampuan Passing bawah, dengan demikian terdapat pengaruh metode latihan Passing bawah perorangan terhadap Kemampuan Passing bawah secara signifikan terlihat dari hasil yang diperoleh -18.085 > 5 pada taraf signifikkan, Sedakan terdapatnya peningkatan secara nyata dari perlakuan yang diberikan denga latihan berpasangan terhadap kemampuan Passing bawah, dengan demikian terdapat pengaruh metode latihan Passing bawah berpasangan terhadap Kemampuan Passing bawah secara signifikan terlihat dari hasil yang diperoleh -34.785 > 5 pada taraf signifikan. Kemudian terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara metode latihan Passing bawah perorangan dengan Passing bawah berpasangan dengan -11.413 > 11 pada taraf signifikan. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan Hasil belajar PJOK siswa kelas V SD Muhammad Alif Sejahtera Bontomanai Kabupaten Takalar mengalami pengaruh.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...