Sustainable: Jurnal Kajian Mutu Pendidikan
Vol 6 No 1 (2023): Sustainable

Ikhtiar Integrasi Mata Pelajaran Agama di Madrasah

Mahdi Mahdi (MAN 1 Bener Meriah)
Syamsul Rijal (UIN Ar-Raniry Banda Aceh)
Silahuddin Silahuddin (UIN Ar-Raniry Banda Aceh)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Konsep integrasi keilmuan muncul dikarenakan terdapat dikotomi dalam dalam pendidikan, yang kemudian berakibat pada : menyebabkan ambivalensi dalam sistem pendidikan Islam, kesenjangan antara ajaran Islam dan sistem pendidikan Islam, disintegrasi sistem pendidikan Islam, serta inferioritas pengelola lembaga pendidikan Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pendekatan serta ikhtiar integrasi mata pelajaran agama di Madrasah,. Penelitian ini berbasis kepustakaan (library research) bersifat deskriptif kualitatif serta teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dengan analisis data melalui analisis isi (content analysis). Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa upaya untuk menghubungkan antar mata pelajaran agama di Madrasah dilakukan dengan beberapa modus, yaitu ; intra-disipliner, multi-disipliner, dan trans-disipliner. Hal ini merupakan kerangka keilmuan integrasi-interkoneksi tidak lepas dari entitas keilmuan berbasis hadari yaitu hadarah al-naas, hadarah al-‘ilm, dan hadarah al-falsafah, yang kemudian melahirkan pola single entity, isolated entities, dan interconnected.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

sus

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Sustainable Journal is a high-quality open-access peer-reviewed research journal that is published by the Quality Assurance of Bangka Belitung State Islamic Institute (LPM - IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung). Sustainable Journal is providing a platform that welcomes and acknowledges ...