Sustainable: Jurnal Kajian Mutu Pendidikan
Vol 6 No 1 (2023): Sustainable

Kemampuan Literasi Numerasi Siswa melalui Outdoor Learning Berbantu Klinometer Sederhana

Sri Apriatni (MAN 2 Kota Serang)
Khaeroni Khaeroni (UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Dalam era globalisasi dan transformasi, siswa perlu memiliki kemampuan memecahkan masalah praktis dalam berbagai konteks keseharian. Kemampuan ini dikenal sebagai literasi numerasi. Rendahnya kemampuan literasi numerasi siswa, mendorong guru untuk kreatif dan melakukan inovasi dalam pembelajaran. Salah satu kegiatan yang diduga memberikan pengaruh adalah outdoor learning. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pengaruh outdoor learning berbantuan klinometer sederhana terhadap kemampuan literasi numerasi siswa. Dua kelompok siswa yang berasal dari kelas yang berbeda dipilih secara tidak acak sebagai sampel, sehingga penelitian merupakan kuasi eksperimen dengan desain non-equivalent control group. Kemampuan literasi numerasi kedua kelompok diukur menggunakan instrumen tes literasi numerasi yang dimodifikasi dari Yustinaningrum. Pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji komparatif non paramterik Mann Whitney U menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara dua kelompok yang dibandingkan. Dengan demikian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran outdoor learning berbantuan klinometer sederhana terhadap kemampuan literasi numerasi siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

sus

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Sustainable Journal is a high-quality open-access peer-reviewed research journal that is published by the Quality Assurance of Bangka Belitung State Islamic Institute (LPM - IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung). Sustainable Journal is providing a platform that welcomes and acknowledges ...