Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 5 No. 4 (2023): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengaruh Pemanfaatan Lingkungan Alam Sekitar Sekolah Sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri Welamosa

Maria Diana Kemba (Universitas Flores)
Ainun Jariyah (Universitas Flores)
Veronika P. S. Mbia Wae (Universitas Flores)



Article Info

Publish Date
11 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan lingkungan alam sekitar sekolah sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri Welamosa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen dan desain yang digunakan one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri Welamosa yang berjumlah 30 orang siswa dan terdiri dari satu kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa X SMA Negeri Welamosa yang terdiri dari 30 orang siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik purposive sampling, dan data akan dianalisis dengan menggunakan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemanfaatan lingkungan alam sekitar sekolah sebagai sumber belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem kelas X SMA Negeri Welamosa tahun pelajaran 2022/2023. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata pretest 40,67 sedangkan nilai rata-rata posttest 79,00 dan nilai signifikan pada hasil uji hipotesis paired sample test dengan nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...