Kreativitas guru Pendidikan Agama Islam (PAI) sangat penting dalam meningkatkan aktivitas siswa. PAI kini kehilangan derajat moralnya karena minat belajar agama sudah sangat menurun. Oleh karena itu dengan menciptakan suasana belajar yang kreatif melalui penggunaan media pembelajaran yang kreatif dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran PAI. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Mendeskripsikan media pembelajaran yang digunakan oleh guru PAI. 2) Mendeskripsikan kreativitas guru PAI dalam penggunaan media pembelajaran siswa di kelas. 3) Mendeskripsikan tanggapan siswa terhadap kreativitas guru PAI dalam penggunaan media pembelajaran. Untuk mencapai tujuan di atas digunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, dengan teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Media yang digunakan di Madrasah Alyah Al Madinah Global School adalah media auditif seperti rekaman Al Quran dan doa-doa. Media visual seperti papan tulis dan bola dunia. Media audio visual seperti Video Pembelajaran. 2) Bentuk kreativitas guru PAI dalam menggunakan media pembelajaran di kelas VII Madrasah Alyah Al Madinah Global School adalah penggunaan power point, potongan surat (kelompok), video pembelajaran dan media lingkungan sekitar. 3) Respon siswa terhadap kreativitas guru PAI dalam menggunakan media pembelajaran di kelas VII Madrasah Alyah Al Madinah Global School cukup baik, sebagian siswa aktif memperhatikan, menjelaskan, mencatat dan bertanya.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023