Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 5 No. 4 (2023): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengaruh Model Pembelajaran Saintifik Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di UPTD SMP Negeri 1 GUNUNUNGSITOLI Tahun Pelajaran 2022/2023

Lovertin Halawa (Universitas Nias)
Asali Lase (Universitas Nias)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari pengamatan peneliti pada pelaksanaan pembelajaran di UPTD SMP NEGERI 1 GUNUNUNGSITOLI yang selama ini mengalami hambatan dalam proses pembelajarannya sehingga hasil belajar siswa masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model saintifik dan model Konvesional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan metode kuantitatif, Siswa kelas VIII-B di UPTD SMP NEGERI 1 GUNUNGSITOLI terdiri dari dua kelas dimana kelas VIII-B dan VII -B. Kelas VIII berjumlah 16 orang sebagai kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran Saintifik dan kelas VIII-B berjumlah 16 orang sebagai kelas kontrol dengan menerapkan model pembelajaran Konvesional. Instrumen yang digunakan peneliti berupa tes uraian sebanyak 5 soal. Berdasarkan hasil penelitian, secara spesifik disimpulkan bahwa rata – rata hasil belajar siswa pada pemberian tes akhir kelas eksperimen yaitu 75,69 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol dengan rata – rata hasil belajar siswa yaitu 71,18. Hasil pengujian hipotesis menggunakan statistik parametrik yaitu Uji t independen diperoleh t tabel= 2,33 dan t hitung = 1,101 Karena t = 1,101 tidak terletak pada interval –1,983? t ? 1,983, maka tolak H0 terima Ha, Simpulan umum dapat disampaikan bahwa, ada perbedaan model pembelajaran santifik dan model pembelajaran konvesional (ceramah) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelasVII-B UPTD SMP NEGERI 1 GUNUNGSITOLI Tahun pelajaran 2022/2023.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...