Arjwa: Jurnal Psikologi
Vol 2, No 4 (2023)

IMPULSIVE BUYING PADA DEWASA AWAL PENGGUNA SHOPEE PAYLATER DITINJAU DARI MINDFULLNESS

Dyatmika, Putu Bhargo Putra (Unknown)
Weliangan, Hally (Unknown)
Huda, Nurul (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Oct 2023

Abstract

Shopee PayLater merupakan salah satu aplikasi paling digemari di Indonesia, Shopee PayLater memudahkan pembelian sehingga mengarahkan pada perilaku impulsive buying, salah satu faktor yang mempengaruhi adalah mindfulness.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan mindfulness dengan impulsive buying fashion pada dewasa awal pengguna shopee paylater. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan cara menyebarkan kuesioner melalui google forms. Responden penelitian ini adalah 120 orang dewasa awal yang menggunakan shopee paylater untuk membeli pakaian. Impulsive buying diukur dengan skala berdasarkan aspek- aspek milik Verplanken dan Herabadi dan mindfulness diukur dengan skala berdasarkan komponen-komponen milik Baer, Smith, Lykins, Button, Krietemeyer, Sauer, Walsh, Duggan and Williams. Hasil uji hipotesis yang dianalisis dengan korelasi product moment pearson memperoleh nilai korelasi r = -0,893** dengan nilai signifikansi 0,000 (p ≤0,05) menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif mindfulness dengan impulsive buying fashion pada dewasa awal pengguna shopee paylater.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

arjwa

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Arjwa menerima manuskrip berdasarkan penelitian dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Penelitian kuantitatif yang diajukan untuk dipublikasikan dalam Arjwa diharapkan bersifat multivariat. Sementara itu, Arjwa juga menerima manuskrip meta analisis atau systematic review yang memiliki ...