RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION (RDJE)
Vol 9, No 2 (2023)

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKLUSIF TERINTEGRASI MODEL PEMBELAJARAN DIFFERENSIASI PADA SEKOLAH DASAR INKLUSI

Endang Iryani ((Sinta Id: 6009591) Universitas Mohammad Husni Thamrin)
Achmad Hufad (Universitas Pendidikan Indonesia)
Isti Rusdiyani (Universitas Sultan Ageng Tiryasa)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2023

Abstract

Pembelajaran differensiasi merupakan model pembelajaran yang beroerientasi pada penggalian potensi siswa, belajar disesuaikan dengan minat dan gaya belajar disesuaikan dengan karakeristik siswa. Melalui penerapan tiga faktor utama differensiasi yaitu kesiapan siswa dalam belajar, ketertarikan siswa dalam belajar serta latar belakang siswa, model pembelajaran differensiasi bisa diterapkan pada kelas varian siswa seperti kelas inklusif. Orientasi pembelajaran differensiasi ini menjadi landasan bagi penulis untuk mengembangkan model pembelajaran inklusif yang terintegrasi differensiasi. Tujuan dari penelitian ini adalah menguji efektivitas model pembelajaran inklusif yang terintegrasi differensiasi pada kelas inklusif. Metode penelitian yang digunakan adalah True Eksperimen one sample t-test dengan membagi dua group (kelas eksperimen dan kontrol) dengan sample yang digunakan adalah kelas 4 SDN 3 Balaraja dengan jumlah siswa sebanyak 44 siswa dengan pembagian kelas IV A berjumlah 22 siswa dan kelas IV B berjumlah 22 siswa. analisis data dilakukan dengan cara analisis uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran yang terintegrasi dengan model pembelajaran differensiasi selama 6 pertemuan menunjukan hasil signifikan. Dalam uji statisik terlihat bahwa thitung > ttabel, artinya penerapan model pembelajaran inklusif yang terintegrasi dengan pembelajaran differensiasi sangat efektif digunakan di kelas inklusif, terlihat bahwa model ini menjadikan siswa inklusif berani berpendapat dan bersosialisasi dan guru mampu menangani kelas beragam dengan menciptakan susasana belajar kondusif serta mengakomodasi setiap siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

RDJE

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

RDJE: Research and Development Journal of Education (ISSN 2657-1056 for the electronic version and ISSN 2406-9744 for the print version) first published in Oct 2014 is a double-blind peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing articles concerned with ...