RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION (RDJE)
Vol 9, No 2 (2023)

DAMPAK BUDAYA K-POP TERHADAP TINGKAT MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA

Titin Supriyatin (Universitas Indrapasta PGRI)
Syafa’atun Syafa’atun (Universitas Indraprasta PGRI)
Dwi Aprillia Setia Asih (Universitas Indraprasta PGRI)
Avini Nurazhimah Arfa (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2023

Abstract

Salah satu budaya yang sangat terkenal saat ini adalah Korean popular atau sering disebut K-Pop. Budaya tersebut kini sangat digemari dari banyak kalangan, terutama anak kecil, remaja dan dewasa, termasuk mahasiswa. Berdasarkan fenomena tersebut, peneliti melakukan penelitian dengan tujuan yaitu untuk mengetahui sejauh mana pengaruh budaya K-Pop terhadap motivasi belajar para mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yang didukung oleh sumber data primer yaitu dengan wawancara dari 10 responden atau partisipan tentang aktivitas K-Pop yang mereka lakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya K-Pop membawa dampak yang positif terhadap motivasi belajar mahasiswa salah satunya adalah budaya K-Pop memberikan mood yang baik kepada mahasiswa saat sedang belajar,K-Pop memberikan semangat tersendiri bagi para mahasiswa, mahasiswa lebih termotivasi dalam meraih cita-cita untuk bisa melanjutkan kuliah di luar negeri. Budaya K-pop juga membuat membawa dampak yang negatif bagi mahasiswa yaitu mahasiswa lebih boros dalam hal pengeluaran uang yang digunakan untuk membeli aksesoris yang berhubungan dengan K-Pop serta lebih boros kuota karena digunakan streaming untuk mendukung idola mereka ketika sang idola mengeluarkan Music Video(MV) ataupun album. 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

RDJE

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

RDJE: Research and Development Journal of Education (ISSN 2657-1056 for the electronic version and ISSN 2406-9744 for the print version) first published in Oct 2014 is a double-blind peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing articles concerned with ...