RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION (RDJE)
Vol 9, No 2 (2023)

PENDIDIKAN HATI SEBAGAI UPAYA MEWUJUDKAN SISWA BERKARAKTER DI MTs AL JAUHAROTUNNAQIYAH DALIRAN KOTA CILEGON – BANTEN

Muhammad Tajul Arifin (Unknown)
Faridi Faridi (Universitas Muhammadiyah Malang)
Syamsurizal Yazid (Universitas Muhammadiyah Malang)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2023

Abstract

Pendidikan hati (tarbiyatul qolb) ialah upaya sadar dan sistematis yang difokuskan untuk mengembangkan potensi-potensi hati, mengarah pada pembentukan karakter siswa melalui proses secara berkesinambungan baik oleh individu maupun orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan strategi dan pelaksanaan pendidikan hati di MTs Al-Jauharotunnaqiyah Daliran. Adapun informan pada penelitian ini ialah Kepala Sekolah, Wakabid Kesiswaan, Waka Kurikulum, dan tiga siswa dari masing-masing kelas. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Data dianalisa dengan menggunakan teknik interkatif Miles dan Huberman. Selanjutnya, dilakukan uji keabsahan data menggunakan teknik Triangulasi sumber dan teori. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa MTs Al-Jauharotunnaqiyah Daliran melakukan program pembentukan karakter berbasis pendidikan hati berlandaskan pada nilai utama karakter prioritas penguatan pendidikan karakter siswa Permendikbud: religius, nasionalis, integritas, gotong royong, dan mandiri. Hal ini memberikan keyakinan kuat bagi sekolah bahwa keberhasilan lembaga pendidikan Islam bermula pada karakter yang tertanam dalam diri siswa serta dukungan dari lingkungan keluarga, masyarakat, dan lembaga pendidikan melalui proses yang bekesinambungan dikemas secara integratif. Ada tiga tahap strategi pendidikan hati, yaitu: 1) Prakondisi, pada tahap ini meliputi proses mengidentifikasi keadaan hati siswa. 2) Forming atau proses pembentukan, tahapan ini mencakup pembiasaan siswa melatih hati mereka merenungkan dampak negatif dari perilaku buruk. 3) Pemeliharaan, dalam tahap ini lebih memfokuskan pada menjaga agar hati tetap dalam keadaan baik. Dalam pelaksanaanya menggunakan strategi kepemimpinan kepala sekolah, komunikasi persuasif, dan peningkatan kinerja.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

RDJE

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

RDJE: Research and Development Journal of Education (ISSN 2657-1056 for the electronic version and ISSN 2406-9744 for the print version) first published in Oct 2014 is a double-blind peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing articles concerned with ...