RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION (RDJE)
Vol 9, No 2 (2023)

PENGARUH EFIKASI DIRI TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA

Dewi Purwaningsih (Unknown)
Elin Karlina (Universitas Indraprasta PGRI)
Martinus Tukiran (Universitas Pakuan)



Article Info

Publish Date
27 Oct 2023

Abstract

Efikasi diri merupakan kemampuan atau kepercayaan seseorang dalam menjalankan suatu tugas yang dilakukannya. Efikasi diri ialah faktor kunci yang bisa mempengaruhi keberhasilan dan keuksesan seseorang. Penelitian ini akan membahas mengenai efikasi diri terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa semester 5 Bimbingan dan konseling Universitas Indraprasta PGRI. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk bisa melihat lebih jauh pengaruh efikasi diri terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa semester 5 bimbingan dan Konseling Universitas Indraprasta PGRI. Pendekatan instrument kuantitatif deskriptif dengan menggunakan kuesioner penelitian, dan metode survei pendekatan regresi linear sederhana digunakan pada penelitian ini. Sampel yang digunakan sejumlah 145 mahasiswa semester 5 bimbingan Konseling Universitas Indraprasta PGRI yang ditentukan dengan memakai Teknik simple random sampling. Hasil dari Nilai R square adalah sejumlah 0,135 yang artinya efikasi diri memiliki kontribusi dalam membentuk variabel minat berwirausaha sebesar 13,5 %. Adapun sisanya dibentuk oleh variabel yang tidak terdapat dalam penelitian ini, sehingga hasil simpulan didapatkan bahwa hipotesis diterima memperlihatkan bahwa Efikasi diri ( X ) mempunyai pengaruh secara simultan terhadap minat berwirausaha (Y). Pada hasil penelitian yang dilakukan ini menegaskan variabel efikasi diri sangat berperan dalam mempengaruhi minat berwirausaha mahasiswa.Dengan kata lain. Semakin besar Minat berwirausaha yang mereka miliki. Ini menunjukkan pentingnya memperkuat dan membangun Efikasi Diri mahasiswa sebagai salah satu cara untuk mendorong minat mereka dalam berwirausaha.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

RDJE

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

RDJE: Research and Development Journal of Education (ISSN 2657-1056 for the electronic version and ISSN 2406-9744 for the print version) first published in Oct 2014 is a double-blind peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing articles concerned with ...