Sebagian pengguna jalan di Jember seringkali memarkir kendaraannya dan memicu kemacetan pada ruas Jalan Trunojoyo. Sangat diperlukan pemanfaatan area parkir secara optimal untuk menjamin kenyamanan dan kemudahan bagi pengguna jasa parkir. Salah satu cara yakni dengan menerapkan tarif parkir progresif, maka diharapkan pengguna nuang parkir dapat mengurangi waktu parkir. Dengan mengurangi lama parkir maka ruang parkir dapat dipergunakan dengan lebih efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja jalan dan kapasitas parkir jika diterapkan sistem parkir progresif mungganakan durasi parkir. Kinerja jalan dianalisa menngunakan MKJI 1997, analisa durasi parkir menggunakan metode dari Direktorat Perhubungan Darat, dan perhitungan tarif parkir progresif menggunakan acuan Perda Surakarta dan Jember mengenai parkir dan tarif progresifnya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan Derajat Kejenuhan (DS) pada ruas Jalan Trunojoyo Jember hari senin sebesar 1,41 dan hari sabtu 1,10 dengan Kecepatan Arus Bebas (FV) sebesar FV (km/jam) 50,02 km/jam. Dimana dengan hasil tersebut layak untuk menerapkan sistem parkir progresif. Kapasitas satuan ruang parkir on street pada segmen 1 sebesar 27, segmen 2 terdapat 28, di segmen 3 terdapat 41 dan di segmen 4 ada 36 SRP. Pendapatan tarif parkir progresif sebesar Rp. 298.000 ribu pada hari senin dan sebesar Rp. 214.000 ribu pada hari Sabtu.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023