Tujuan penelitian ini untuk menelaah tentang agama dan gerakan sosial di Indonesia :telaah kritis tentang perkembangan pendidikan agama di ormas Muhammadiyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan atau library research, yakni penelitian yang dilakukan melalui pengumpulan data atau karya tulis ilmiah dengan objek penelitian atau pengumpulan data bersifat kepustakaan. Hasil telaah membuktikan bahwa dengan semangat barunya, Muhamamdiyah selalu menampilkan pendidikan Islam dengan pendekatan modern, yang berupaya mengintegrasikan pengarusutamaan ilmu agama dan umum, yang tidak dipisahkan antara satu dengan yang lainnya. Arah revitalisasi pendidikan Muhammadiyah saat ini adalah penyatuan antara pengembangan fondasi konseptual dan praktisi pendidikan, yakni pendidikan yang menghidupkan kehidupan keumatan dan kebangsaan dengan nafas kebaharuan. Dengan karakter pendidikan Muhammadiyah yang holistik, dimana pendidikan Muhammadiyah mencakup integritas sekolah/madrasah/pesantren, keluarga, dan masyarakat yang saling mendukung. Pendidikan holistik ini pada gilirannya diharapkan menjadi solusi terbaik, apalagi dibantu teknologi yang semakin sophisticated, maka AIK (Al-Islam Kemuhammadiyahan) atau juga Al-Islam dan Ismuba (Al-Islam, Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab) adalah core system dari pendidikan holistik ala Muhammadiyah. Inti sistem inilah yang akan memandu integrasi imn dan kemajuan yang selalu memerlukan penguatan dari berbagai aspek.
Copyrights © 2023