Pendidikan memiliki peran penting dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia. Namun dalam realitasnya pendidikan di Indonesia belum merata terutama pada daerah 3T (Terdepan, Terluar, dan Tertinggal). Pemerintah utamanya Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi mencetuskan sebuah program “Merdeka Belajar” untuk mengakomodasi pemerataan pendidikan di Indonesia dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan sebagai agen perubahan. Program Merdeka Belajar memiliki banyak jenis kegiatan salah satunya adalah Kampus Mengajar yang melibatkan kontribusi mahasiswa untuk membantu sekolah yang berada di daerah 3T. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kegiatan pembelajaran menjadi lebih efektif dengan menggunakan sentuhan teknologi di SDN 3 Pikat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa di SD tersebut masih awam dengan cara menggunakan teknologi yang tersedia di sekolah yaitu chromebook. Sehingga kami mahasiswa kampus mengajar melaksanakan program pendampingan adaptasi teknologi terhadap siswa sebagai bekal siswa kedepannya. Upaya yang dilakukan terkait adaptasi teknologi di SDN 3 Pikat adalah dengan mengenalkan para siswa mengenai teknologi yang difasilitasi sekolah yaitu chromebook, mengajarkan para siswa menggunakan chromebook, serta memanfaatkan chromebook sebagai sarana penunjang kegiatan pembelajaran agar lebih menarik dan membangkitkan motivasi siswa dalam belajar.
Copyrights © 2023