Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 7, No. 3 (Juli 2023)

Integrasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Pembelajaran IPA Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar

Nailah Fatma (UIN sunan kalijaga)
Muhammad Najib (UIN SUNAN KALIJAGA)
B.Nuraulia Rahmanita (UIN SUNAN KALIJAGA)
Farhil Husaini (UIN SUNAN KALIJAGA)
Sedya Santosa (UIN SUNAN KALIJAGA)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2023

Abstract

Tujuan penelitian adalah mengetahui bagaimana hasil belajar siswa sekolah dasar dapat ditingkatkan dengan memasukkan nilai-nilai pendidikan Islam ke dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA dalam integrasi nilai-nilai Pendidikan Islam. Penelitian ini dilaksanakan di sekolah dasar yang berlokasi di Lhokseumawe, dengan pendekatan kuantitatif. Metode quasi-eksperimental, desain One Group Pretest-Posttest Design. Responden dalam penelitian ini berjumlah 30 siswa kelas V. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan pretes dan postes memiliki tingkat signifikansi 0,000<0,05, menurut temuan pengujian hipotesis. Dari hasil ini Ha diterima, artinya terjadi peningkatan pemerolehan hasil belajar siswa dengan memasukkan nilai-nilai pendidikan Islam dalam pembelajaran IPA sebelum pengobatan dan setelah pengobatan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...