Analisis soal merupakan hal yang sangat penting, karena mampu membantu guru untuk mengetahui apakah alat pengukuran yang diberikan kepada siswa benar-benar mampu mengukur kemampuan siswa. Beberapa hal yang perlu dianalisis dari soal dan hasil belajar siswa adalah kesesuaian butir soal, tingkat kesukaran dan juga abilitas siswa. Maka dari artikel ini akan membahas mengenai hal tersebut. Penelitian ini adalah penelitian evaluatif deskriptif kuantitatif dan bersifat evaluatif. Subjek penelitian adalah jawaban siswa kelas II di salah satu Madrasah Ibtidaiyah yang berada di Kabupaten Pesisir Selatan Sumatera Barat terhadap soal Asesmen Madrasah mata pelajaran Tematik. Analisis data hasil belajar siswa tersebut dilakukan dengan menggunakan aplikasi winstep 3.73. Hasil dari penelitian ini dapat diketahui bahwa soal Asesmen Tematik memiliki kesesuaian dengan karakteristik fit karena mampu memenuhi minimal satu dari tiga kriteria yang sudah ditetapkan. Kemudian soal memiliki tingkat kesulitan yang bervariasi karena satu soal masuk pada kategori terlalu sulit dan satu soal terlalu mudah.
Copyrights © 2023