Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 7, No. 3 (Juli 2023)

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Gaya Dan Gerak Melalui Kombinasi Model Pembelajaran Group Investigation, Number Heads Together Dan Scramble Pada Kelas IV di SD Negeri Melayu Martapura

Muhammad Zaini Yusri (Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari Banjarmasin)



Article Info

Publish Date
04 Aug 2023

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini ialah rendahnya hasil belajar siswa pada muatan IPA materi gaya dan gerak akibat proses pembelajaran yang kurang efektif serta kondisi lingkungan yang ribut. inovasi yang dilakukan ialah menggunakan kombinasi model Group Investigation, Numbered Heads Together dan Scramble. Peneliti memakai pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian diselenggarakan di SDN Melayu Martapura Kelas IV Tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 20 siswa. Penelitian ini memakai teknik observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukan aktivitas guru terlaksana dengan kriteria sangat baik, aktivitas siswa terjadi peningkatan keaktifan dengan kriteria sangat aktif, serta ketuntasan hasil belajar meningkat menjadi 95% disiklus II. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada siswa kelas IV SD Negeri Melayu Martapura, maka dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru dalam pelaksanaan pembelajaran memperoleh kategori sangat baik, aktivitas siswa dalam pelaksanaan pembelajaran memperoleh kategori sangat aktif serta Penggunaan kombinasi model pembelajaran Group Investigation, Numbered Heads Together dan Sramble dapat mencapai ketuntasan hasil belajar yang diinginkan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...