Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 7, No. 3 (Juli 2023)

Meningkatkan Kemampuan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa PGMI pada Mata Kuliah Perkembangan Peserta Didik Menggunakan Model Project-Based Learning

Putri Jannati (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Fitri Yuliawati (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Siti Fatonah (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Kharisma Romadhon (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2023

Abstract

Terdapat beberapa tantangan dalam perkuliahan perkembangan peserta didik. Tantangan utamanya adalah fokus mahasiswa serta meningkatkan kemampuan menulis. Untuk menulis karya ilmiah tentu diperlukan metode khusus agar mahasiswa tertarik metode itu adalah project best learning. Penelitian yang dilakukan peneliti kali ini menggunakan PTK yang akan berfokus untuk mengetahui peningkatan berpikir kritis serta penulisan karya ilmiah mahasiswa. Hasil dari penelitian ini adalah Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model project-based learning dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan menulis judul pada mahasiswa PGMI UIN Sunan Kalijaga semester IV tahun ajaran 2022/2023. Dari yang awalnya keterampilan befikirnya biasa semenjak menggunakan PjBL kreativitas berpikir mahasiswa meningkat. Berdasarkan data dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata keterampilan berpikir kritis mahasiswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 6,62, sedangkan dari siklus II ke siklus III meningkat sebesar 3,75. Hal ini dapat terjadi karena di dalam langkah pembelajaran model project-based learning terdapat aktivitas-aktivitas yang melatih mahasiswa untuk berpikir dan seiring dengan proses berpikir tersebut semakin meningkat pula keterampilan berpikir kritisnya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...