Mimbar PGSD Flobamorata
Vol. 1 No. 3: Agustus 2023

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) MELALUI PEMBUATAN KINCIR ANGIN PADA TEMA 2 SUB TEMA 1 TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 2 KOTA KUPANG

Rukiyah Dahlan Lau (Universitas Muhammadiyah Kupang)
Baco Tang (Universitas Muhammadiyah Kupang)
Suryadin Hasyda (Universitas Muhammadiyah Kupang)



Article Info

Publish Date
22 Aug 2023

Abstract

Masalah pokok dalam penelitian ini adalah sejaumana Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Melalui pembuatan Kincir Angin pada tema 2 sub tema 1 terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah 2 Kota kupang. Ada pun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran project based learning berbantuan media kincir angin dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada sub tema sumber energi kelas IV SD Muhammadiyah 2 kupang. Manfaat dalam penelitian ini adalah: (1). Bagi peserta didik, (2). Bagi Guru, (3). Penelitian lanjut penelitian ini merupakan penelitian tindak kelas ( PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan tahapan setiap siklus terdiri dari empat tahapan yakni, tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV Muhammadiyah 2 kupang. Data penilitian ini di peroleh melalui obsevasi dan tes tertulis. Teknik analisis data menggunakan teknik nalisis deskripsi kualitatif. Peneliti bertujuan untuk menjawab rumusan masalah penerapan model pembelajaran project based learning berbantuan kincir angin untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada sub tema sumber energi di SD Muhammadiyah 2 kupang. berdasarkan perbandingan presentase aktivitas peserta didik pada siklus I dan II diketahui bahwa tingkat aktivitas peserta didik saat proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran project based learning berbantuan kincir angin pada materi sumber energi angin mengelami peningkatan dari nilai aktivitas peserta didik 47% pada siklus I, Dan meningkat menjadi 85% pada siklus II. Sedangkan pada aktivitas guru 62,22% pada siklus I meningkat menjadi 83,33%. rata-rata dan presentase ketuntasan belajar klasikal peserta didik juga mengelami peningkatan dari, siklus I dan siklus II. Nilai rata-rata hasil belajar pada siklus I 67,5% dengan presentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 40% pada tindak siklus II nilai rata-rata peserta didik meningkat menjadi 90,5% dengan presentase ketuntasan 90%. maka dapat di simpulkan bahwa penerapan model pembelajaran project based learning berbantuan kincir angin secara benar dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jim

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Mimbar PGSD Flobamorata adalah jurnal ilmiah yang berisi dan menyebarluaskan hasil penelitian, studi mendalam, dan ide-ide atau karya inovatif di bidang pendidikan dasar yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas ...