Literatus
Vol 5 No 2 (2023): Jurnal Ilmiah Internasional Sosial dan Budaya

Pentingnya Etika dan Prosedur Berlalu Lintas bagi Remaja (Studi Kasus SMPN 1 Kota Sukabumi)

Hesri Mintawati (Unknown)
Jhoni Albert (Universitas Nusa Putra)



Article Info

Publish Date
15 Oct 2023

Abstract

 Faktor tingginya angka kecelakaan adalah banyaknya pengguna kendaraan yang belum mempunyai Surat Izin Mengemudi (SIM) atau belum cukup umur sudah mengendarai  sepeda  motor.  Hal yang memprihatinkan adalah banyaknya korban kecelakaan yang masih berstatus sebagai pelajar, sehingga penting untuk membekali remaja, khususnya SMPN 1 Kota Sukabumi tentang etika dan tata cara berlalu lintas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengetahuan siswa SMPN 1 Kota Sukabumi terhadap etika dan tata cara berlalu lintas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang menggunakan pendekatan deskriptif. Studi ini fokus pada seminar tentang etika dan tindakan berlalu lintas untuk remaja. Beberapa metode yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi Pencatatan dokumen dan observasi. Dengan diadakannya kegiatan sosialiasi seputar etika dan tata cara berlalu lintas ini, kini siswa-siswa SMPN 1 Kota Sukabumi sudah mengetahui secara lengkap tentang etika dan tata cara berlalu lintas. Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada remaja mengenai etika dan perilaku yang benar saat berlalu lintas. Oleh karena itu, idealnya kegiatan seperti ini diperluas untuk mencakup remaja di seluruh wilayah Indonesia.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Literatus

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Literatus adalah jurnal yang diterbitkan oleh Neolectura, diterbitkan dua kali dalam satu tahun. Literatus adalah media publikasi ilmiah dalam bentuk makalah konseptual dan penelitian lapangan yang terkait dengan bidang kajian sosial dan budaya. Diharapkan Literatus dapat menjadi media bagi ...